Beranda blog

Ndalem Singopranan – Rumah Peradaban Simo

0

Simo – Mau tahu perjalanan Simo dan Potensi yang ada didalamnya? Bulan Februari ini bakal ada yang baru dan mind blowing buat kamu yang penasaran dengan sejarah Simo dan Perkembanganya. Namanya adalah “Ndalem Singopranan”.

Tempat kece ini bakal jadi tempat nogki buat kawula muda Simo raya. Gak cuma tempat ngopi, Ndalem Singoparanan adalah musium mini seputar Simo. Kamu akan tahu bagaimana sejarah lahirnya Simo, perkembangan Simo hari ini, dan karya – karya pemuda Simo.

Akan ada banyak gambar – gambar Simo mulai dari Simo Jadul hingga Simo saat ini di musium mini ini. Sembari menyelami peradaban Simo, Ndelem Singopranan disajikan untuk menjadi wadah membicangkan Simo, pemutaran film, ruang kolaborasi, diskusi gerakan, komunitas, dan organisasi.

Tempat yang di pelopori oleh Simo Sendiko ini secara spesifik akan digunakan untuk mengangkat usaha dan bisnis anak-anak muda yang ada di Simo. Catat lokasinya ya

Alamat: Jaten, Simo, Boyolali (sebelah SDIT Alfalaah)

Ndalem Singopranan adalah museum mini yang kekinian banget. Semua hal tentang Simo ada di disini. Bukan hanya memuat foto – foto sejarah Simo, kamu juga menemukan bagaimana  pemuda Simo berkarya.

Bincang Budaya – Sumber, Simo, Boyolali

1

Ada agenda yang hot banget nhi guys Desember ini. Buat kamu – kamu gelisah akan potensi sumber daya alam Simo dan pengen banget banget ngembaning sumber daya di kampung ini cocok banget ikut angenda yang satu ini. 

Kali ini teman – teman dari Pemuda Sumber mengadakan agenda Bincang Budaya dengan tema “Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia”. 

Pastinya sudah pada tahu kan tiga tahun terakhir ini di Simo lagi gencar – genarnya tempat wisata. Dulu mungkin sempat terbesit “Simo ki ono opo?” ternyata sekarang bukan hanya satu atau dua mungkin bahkan sudah belasan wisata bermunculan dengan bahkan akan lebih banyak lagi. 

Saatnya kamu membuka wawasan untuk menjadi lebih objektif melihat potensi kampungkamu sendiri, so gabung dengan Diskusi Budaya di Sumber, Simo Boyolali. 

Catat nhi tanggal mainya. 

Hari, Tanggal: Senin, 31 Desember 2018

Tempat: Sendang Nduren, Sumber, Simo, Boyolali

Waktu: Ba’da Isya – selesai

Agenda: Bincang Budaya, Lomba Tumpeng antar RT, Hiburan, Pemutaran Video

Yuk gabung dalam event hot ini. Buruan jadi bagian dari perubahan pola pikir yang out of the box dengan berkontribusi sebagai sponsorship, stands, donasi, tenaga, dan lain sebagainya. 

Gelar Layar: Penggalangan Dana untuk Palu

0

Mari menjadi pribadi yg bermanfaat di moment terhangat.
Yg jauh mendekat
Yg dekat merapat

Di ingat, di catat, jangan terlambat, jangan salah alamat, berikan donasi terhebat, untuk palu yg lebih kuat.
“Cerita palu untuk palu”

#NGGETUK(nggegunem lan kepetuk)
#DONASInema
#kolaborAKSI

Nobar Penggalangan Dana untuk Palu

0

Yuk bantu saudara – saudara kita di Palu dan Donggala yang sedang mendapatkan mencobaan bencana tsunami dengan hadir di pemutaran film dan ikut serta menyumbang dana di acara Nobar “cerita palu untuk palu”.

Film yang diputar merupakan film karya – karya saudara – saudara kita dari Palu dan Film tersebut akan diputar di tiga lokasi. Catat hari dan tanggalnya.

Nogosari

Hari, Tanggal: Jum’at, 5 Oktober 2018

Jam: 19.30

Lokasi: Kedai Kata Nogosari

Simo

  • Hari, Tanggal: Minggu, 7 Oktober 2018
  • Jam: 19.30
  • Lokasi: Halaman Kantor Kecematan Simo

Sambi

  • Hari, Tanggal: 10 Oktober 2018
  • Jam: 19.30
  • Lokasi: Halaman Kantor Kecamatan Sambi

Kegiatan ini terselengara berkat adanya kerja sama antar komunitas. Untuk rekan – rekan komunitas yang belum terhubung kedalam forum ini bisa menghubungi kontak. Terimakasih banyak untuk selalu peduli dan bergerak.

Tempuran Car Free Night

0

 

Join at “TEMPURAN CAR FREE NIGHT”
6 Oktober 2018
Mulai jam 19:00-24:00

Dimeriahkan Oleh:
-Langgem jowo (campursari)
-Koes plus dari Syimponi plus
-Accoustic -Band indie .

—- Acara tersebut Free terbuka untuk umum —- .
Jangan lupa juga bawa uang saku karena disana nanti bakalan ada pasar kaget.
Menjual berbagai macam seperti:
-Stand kopi&minuman
-Makanan ringan (makanan jawa)
-Aneka produk kerajinan dan Fashion

Soo.. jangan lupa datang karena malam minggumu nggak asik klo gak ngopi sambil dengerin musik.

Pengajian Tumpi Read House

0

World Clean Up Day Boyolali 2018

0

Peduli Sungai, Upaya Kongkrit Mengurangi Resiko Bencana

0

Simo Sendiko – Siapa sangka kalau kepedulian kita terhadap sungai merupakan upaya paling kongkrit untuk mengurangi resiko benacana. Setidaknya itulah yang ditutur olah oleh Agung Nugroho salah satu pameteri dalam agenda Saliro 4: Kali Cemara Camp Sabtu 4 Agustus lalu. Bahkan kini sungai dapat dijual, bukan soal ikanya, tetapi bagaimana sungai menjadi daya tarik wisatawan termasuk salah satunya menjadi camping ground.

Kali Cemara, adalah sungai yang kini menjadi tempat wisata yang ada di Simo. Sembari memperkenalkan “mengapa kita harus peduli” yang dicontohkan dengan sungai yang di Blagung tersebut sembari mengajak seluruh pemuda Simo dan Boyolali, komunitas Simo Sendiko mengadakan Saliro 4: Kali Cemara Camp.

Sedikit berbeda dengan Saliro sebelumnya, kali ini Simo Sendiko mengagendakan bincang – bincang dengan konsep camping di sungai. Adalah Agung Nugroho dari FPRB Boyolali dan Eko Prasetyo dari Sekolah Sungai Boyolali yang menjadi pemateri dan inspirasi serta diselingi alunan musik dari Koma (komunitas Musik Salatiga). Selain itu, kehadiran peserta camp dari berbaga komunitas di Simo dan dukungan dari para sponshor ikut andil dalam memeriahkan agenda tersebut.

Agung Nugroho menuturkan bahwa “peduli terhadap sungai adalah sebuah niat untuk mengurangi resiko bencana”. Terlebih memang bencana yang terjadi tidak jauh dari air, oleh karena itu sungai sebagai salah satu sumber air harus mendapatkan perhatian yang dari warga sekitar. Terlebih sungai sekarang ini sungai dapat jual sebagai tempat wisata seperti tubing, spot foto, perahu, hingga camping ground. Sehingga kepedulian terhadap sungai pun mampu menghasilkan pundi – pundi rupiah. Kepedulian tersebut juga harus dilakukan secara berkelanjutan seperti dicontohkan oleh komunitas peduli sungai di Tawangsari, Teras dengan wisata tubing dan Kali Cemara dengan wisata dengan spot foto dan perahu.

Agenda yang dimulai sore hari Sabtu, 4 Agustus 2018 tersebut dilanjutkan dengan api unggun, bakar – bakar, dan menginap di tenda yang bibawa oleh masing – masing peserta maupun dari Sponsor tenda @ngempet.adventure. Bahkan dapat dikatakan, Saliro 4 ini merupkan agenda paling meriah yang diadakan oleh Simo Sendiko.

Harmonisasi pengurangan resiko bencana berbasis sungai pun dapat tercipta secara kontinyu apabila masyarkat peduli terhadap sungai sekaligus menjadikanya tempat wisata seperti yang telah dicontohkan dibeberapa sungai di Boyolali. Inilah pentingnya mengapa kita harus menjaga kebersihan sungai sebagai upaya mengurangi resiko bencana. Bahkan bukan hanya sungai yang bersih tetapi rupiah pun mengalir sederas aliran sungai. (Agung Prasetyo)

Taman Purbo, Wisata Bunga Matahari yang lagi Hits di Simo, Boyolali

2

Ngomongin soal wisata memang gak ada habisnya, apalagi kalau soal Simo. Ada saja yang baru. Kamu pastinya sudah tahukan Taman Bunga Matahari di Desa Wates yang satu ini. Betul baget namanya adalah “Taman Purbo”. Gak perlu jauh – jauh kan kalau mau foto dengan latar bunga Matahari, karena hanya dengan membayar tiket Rp. 5.000 per orang kamu bisa swafoto sepuasnya dech.

Wisata Alam Bunga Matahari Taman Purbo ya begitulah lengkapnya. Kebun bunga matahari ini berlokasi di Dk. Gunung RT 03/ 01, Desa Wates, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Taman Purbo mengusung tema bunga matahari sebagai daya tarik untuk swafoto. Selain itu, dilokasi ini juga ada dekorasi yang unik dan spot penunjang lainya. Ada tulisan “Taman Purbo” yang handmade banget, terus ada tulisan- tulisan hits gitu, dan ada gardu pandang gitu.

Nama “taman Purbo” diambil dari salah satu daerah disekitar di Gunungkidul, Yogyakarta. Kalau disana juga ada hamparan bunga matahari yang memang ditanam warga dan penduduk sekitar menyebut bunga matahari dgn nama bunga purbo. Jadi “bunga purbo” artinya “bunga matahari”, jadi taman purbo adalah “taman bunga matahari”.

Taman Purbo merupakan inisiasi dari laki – laki bernama Ginting Sanjay Rayhan di desa Wates. Beliau adalah warga asli Wates yang sudah beberapa waktu berada di Magelang, karena dapat istri orang sono. Dengan latar belakangnya bidang pertanian khususnya holtikulutra dan sudah mengeluti bunga matahari yakni Taman Dewari di Magelang bahkan sudah booming disana, beliau ingin mengembangkanya kembali di kampung halamanya. Terlebih memang di Wates sendiri dari dulu sudah terkenal dengan sektor pertanianya, jadi “kenapa tidak dengan bunga matahari”. Selain ingin memberikan nilai tambah pada sektor pertanian, beliau ingin memberikan inspriasi kepada pemuda sekitar akan kearifan lokal yang bisa dikembangkan meskipun di desa.

Awal Juni menjadi titik permulaan perjuangan pemuda ini. Disewalah lahan milik warga untuk penanaman bunga matahari. Dua bulan berselang tepatnya 3 Agustus 2018 secara resmi wisata alam Taman Purbo secara resmi dibuka untuk umum. Tiket masuknya murah banget cuma Rp. 5.000 saja perorang, plus parkirnya Rp. 2.000 per sepeda motor. Pengunjung bebas berswafoto dengan latar bunga matahari maupun di spot – spot kece yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Menuju ke lokasi gampang banget kok dari arah Tugu Macan Simo kamu tinggal ke Kacangan. Searah kok dengan Kali Cemara. Nah kalau sudah ketemu Pohon Beringin menuju Dukuh Gunung tinggal masuk saja. Nah lokasinya ada di Kanan jalan.

Hadirnya “Taman Purbo” di Desa Wates semakin menambah jajaran tempat wisata simo Boyolali. Jadi kamu gak bakal rugi dech kalau ke Simo, karena kamu bisa sekaligus mengunjung beberapa tempat wisata sekaligus. Apalagi tempat wisata di Simo itu murah -murah banget.

Ternyata ada banyak banget ya potensi desa yang bisa dikembangkan, salah satunya ya taman bunga matahari yang satu ini. Makin bangga kan jadi warga Simo. Banyak tempat kece yang bener – bener out of the box yang bikin greget. (Agung Prasetyo)

Saliro 4: Kali Cemara Camp

0
Halo generasi muda Simo. Agenda Saliro kini ada lagi nhi. Tanpa terasa ya sudah tiga kali Saliro dan diadakan dan yang terbaru banget adalah Saliro 4 dengan tema “Kali Cemara Camp”. Bakalan seru banget nhi kamu para pemuda di Simo boleh gabung dengan mendaftarkan diri pada nomer yang terera di pamflet.
Saliro 4 ini bakalan ada pemateri dari Sekolah Sungai Kabupatan Boyolali EKo (Carbon) Prasetyo dan Agung (Mbilung) Nugrhono dari FPRB Kabupaten Boyolali. Selain ada guneman asik, bakalan ada camp bareng, hiburan musik akustik, api Unggun dan Baksos. Catat nhi tanggalnya.
  • Hari, Tanggal : Sabtu, 4 Agustus 2018
  • Jam : 15.30 WIB (setengah 4 sore)
  • Lokasi: Kali Cemara – Dukuh Tanjungsari RT 13, Desa Blagung, Kec. Simo, Kab. Boyolali
  • Agenda: Diskusi, Camping, Api Unggun, Akustik, Baksos
Yuk daftarin diri kamu dalam agenda terbaru Simo Sendiko Saliro 4 “Kali Cemara Camp”. Acara ini dihadiri dan dukung oleh : Simo Sendiko, Sabiya, Romeesa, Kali Cemara, Tumpi Read House, Capcinos, Ngempet Adventure, Simo Aksara, Balog Nogosari, Simo Kamera, Sabana, Dalem Singopranan. Kenalan dengan mereka dan gali inspirasi bersama.

Recent Posts