Tentang

Simo Sendiko, merupakan ruang kolaboratif anak muda Simo berbentuk gerakan yang tersetruktur sebagai organisasi untuk manampung dan mengekpresikan gagasan yang kemudian di implementasikan dalam bentuk kegiatan yang terpogram secara sistematis dan kooperatif yang berbasis dikecamatan simo, Boyolali, Jawa Tengah.

Arti kata Simo Sendiko. Sendiko: (Siap Melaksanakan). “Sendiko Dawuh”, Dawuh: Amanat/Perintah/Tugas. Sendiko : Siap Melaksanakan. “Sendiko Dawuh Kanjeng Gusti” : Siap melaksakan perintah dari raja (Atau Orang yang memiliki jabatan lebih tinggi).

Simo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Simo terletak di sebelah timur laut ibukota Kabupaten Boyolali. Simo dikenal juga sebagai kota kecamatan pelajar, sebagai simbol atas kenyataan bahwa simo adalah kota kecamatan pelajar maka dibagunlah sebuah tugu di perempatan Tegalrayung pada tahun 1985 berwujud dua orang pelajar (Siwa dan Siswi) yang menghadap ke arah selatan bernama “Bejo dan Minah”.

Setiap daerah dan atau wilayah memiliki potensi masing-masing, begitupun dengan Simo yang telah menyandang status “Kota Pelajar”. Selain daripada benyak terdapat lembaga pendidikan formal dan non formal di simo, Simo juga memiliki masyarakat yang aktif dalam keorganisasian baik didalam masyarakatnya sendiri ataupun dengan komunitas yang berada di luar simo. Hampir semua penduduk muda lulus SMA atau sederajat. Ratusan sarjana, master dan doktor muncul dari kecamatan ini.

Kearifan lokal yang dimiliki simo sangat beragam, mulai dari kerajinan potongan bambu yang di bentuk menjadi kaligrafi, sampai dengan bambu yang dianyam menjadi berbagai bentuk kerajinan seperti tumbu, tampah, besek dan lainnya. Beragamnya kearifan lokal di Simo tidak terlepas dari masyarakat dengan sumberdaya kreatif. Selain kerajinan, Simo juga memiliki masyarakat aktif yang memiliki produksi makanan ringan dengan berbagai macam olahan pada produksi rumah tangga yang sudah dipasarkan secara luas di Indonesia. Beberapa pabrik roti rumahan dan penganan kuliner pasar tradisional simo juga tidak kalah saing dengan jajanan masa kini.

Pemuda memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat, beberapa peran penting pemuda di dalam masyarakat adalah sebagai penopang stabilitas ekonomi, kehidupan sosial, pendidikan, kesehatan, seni dan budaya yang ada. Adanya perkembangan pada berbagai aspek jaman seperti teknologi, siaran televisi juga berbagai pengaruh kebudayaan asing yang masuk sangat berpengaruh terhadap moral dan perilaku baik remaja, pemuda juga masyakat itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya kolaborasi kalangan aktif untuk membentuk sinergitas didalam masyarakat demi terwujudnya masyarakat Simo yang mandiri, cerdas dan berkarakter kuat.

Banyakya lembaga pendidikan baik itu sekolah negeri, swasta maupun lembaga pendidikan di luar kelas membuat status sebagai kota pelajar yang dimiliki Kecamatan Simo semakin nyata. Banyaknya pelajar aktif yang turut mengikuti berbagai macam kegiatan baik didalam maupun di luar sekolah membuat simo memiliki potensi pada setiap lapisan masyarakatnya. Berpadu dalam lingkungan heterogen, keluar dari stagnansi jaman dan melangkah maju adalah salah satu hal yang ingin dibawa oleh Simo Sendiko. Melalui sebuah upaya kolaborasi antar masyarakat dan pemuda aktif, diharapkan Simo Sendiko dapat menjadi salah satu ruang kerjasama yang turut serta mengembangkan kecamatan Simo menjadi Kecamatan yang mandiri, cerdas dan berkarakter.

Salam

“Simo Sendiko” (Bergerak Berkolaborasi)