Simo Sendiko – Membacalah untuk membuka jendela dunia. mungkin ini lah kata – kata yang bisa merpersentasikan Tumpi. Sepintas tentang Tumpi Read House kita akan tertuju pada rumah baca. Ya Perpustakan desa yang berada di Dukuh Karang, Pentur, Simo, Boyolali ini menyimpan segudang buku. 

Berdiri sejak 16 Juli 2012 kini perpus yang sudah berbentuk Yayasan ini semakin aktif. Pasalnya sejumlah agenda pun mengalir setiap tahunya di Tumpi dan Pentur. Seperti Merti Desa Pentur, Jeniman: ulang tahun Tumpi, Takbiran, dan menjadi base camp untuk agenda yang bersifat insidental seperti hadirnya bule Australia beberapa bulan lalu. 
Tumpi didirikan oleh Joko Narimo dengan harapan ingin menciptakan suasana kehidupan anak – anak yang bersanding dengan ilmu. Dalam perkembanganya tumpi sekarang ini sudah memiliki beberapa unit komputer yang nantinya akan menjadi kampung blogger. Memiliki sejumlah tanaman holtikulutra di polybag dan sudah bolak – balik masuk koran dan TV Nasional.
Kehadiran Tumpi memberi warna baru di Simo Boyolali. Masyarkat desa terfasilitasi untuk mendapatkan ilmu – ilmu dari buku tanpa harus ke kota. Selain itu, Tumpi juga memantik hadirnya perpus di Desa lain dan kegiatan serupa yang dapat dihadirkan mulai dari hal yang paling sederhana. (Agung Prasetyo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here